Pemuaian Pada Korek Api Gas

Pemuaian adalah peristiwa bertambah atau berkurangnya panjang, luas, volume suatu benda akibat perubahan suhu. Pemuaian terjadi pada 3 zat yaitu pemuaian pada zat padat, pada zat cair, dan pada zat gas.

Dalam kehidupan sehari-hari banyak contoh pemuaian yang dapat kita lihat misalnya pemuaian pada kaca jendela, melengkungnya rel kereta api, besi pada jembatan, melengkungnya pipa-pipa minyak,dsb.

Dalam riset kali ini saya mengambil riset tentang PEMUAIAN PADA KOREK API GAS.

Pada siang hari saya tidak sengaja meletakkan korek api gas di teras rumah saya, ketika itu matahari bersinar sangat terik dan membuat cuaca terasa sangat panas, ketika saya tinggalkan korek api gas tersebut beberapa saat, tiba-tiba terdengar suara ledakan dari teras rumah, saya segera berlari dan melihat apa yang terjadi, ternyata korek api yang beberapa saat lalu saya tinggalkan itu meledak. Saya pun bingung dan rasa penasaran saya timbul, akhirnya saya putuskan untuk mencobanya lagi. Saya pun mengambil korek api yang masih baru dan saya meletakannya di tempat itu lagi. Hal yang sama pun terjadi lagi, korek api gas kembali meledak. akhrinya saya putuskan untuk mencobanya lagi pada malam hari, saya meletakkan korek api yang sama di tempat itu juga.
Namun, korek api gas tersebut tidak meledak seperti korek api gas yang di jemur pada siang hari.

Jadi, saya mengambil kesimpulan bahwa korek api gas yang diletakkan di bawah terik sinar matahari akan meledak, sedangkan korek api gas yang dilettakkan pada malam hari atau bersuhu dingin tidak akan meledak.

Hal ini membuktikan bahwa Korek api gas akan pecah atau meledak bila gas didalamnya memuai akibat kepanasan.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

ka ko bisa ya korek gas meledak dengan sendirinya dikantong celana saya barusan?

Posting Komentar